Cara Root dan Install CWM / TWRP Lenovo A7000

Saturday, January 9, 2016


Cara Root Lenovo A7000. Cara Install TWRP Lenovo A7000. Cara Install CWM Lenovo A7000. Cara install Custom Recovery Lenovo A7000How to Root Lenovo A7000.

Iqbal244-Oprek. Akhirnya kembali lagi ke postingan mengenai proses Rooting, dimana kali ini perangkat Android yang akan saya posting tutorial root nya adalah Lenovo A7000. Sama halnya dengan beberapa perangkat Android lainya, pada Lenovo A7000 juga dibutuhkan custom recovery berupa TWRP maupun CWM untuk menginstall file SuperSU yang dimaksud. Langsung aja ikutin caranya di bawah ini.

Bahan Root :
- Paket Root Lenovo A7000


"Do With Your Own Risk"
(DWYOR)

### Proses Install Adb Driver ###

1. Pastinya terlebih dahulu kalian mendownload bahan root di atas. Setelah di download, extract file tsb. dan nantinya akan muncul folder bernama "Root Lenovo A7000". Oh ya matikan semua proteksi anti virus pada PC / Laptop yang akan digunakan, serta uninstall driver Lenovo jika sebelum ini kalian pernah menginstallnya. Buka folder tsb. lalu Install file bernama AdbDriverInstaller.exe pada PC / Laptop kalian.


2. Aktifkan USB Debugging pada A7000 kalian. Untuk mengaktifkanya, A7000 harus sudah diaktifkan Developer Options nya. Cara mengaktifkanya masuk ke menu Settings>About Phone>Device Information>Ketuk / Tap tulisan Build Number sebanyak 7 kali / sampai keluar tulisan congratulations... . Jika sudah aktif masuk ke Developer Options>centang pilihan USB Debugging yang terdapat di dalamnya.

3. Colokan A7000 pada PC / Laptop, lalu buka kembali jendela AdbDriverInstaller yang tadi sudah di install. Jika muncul tanda silang klik button install > lalu pilih install anyways pada pop up yang muncul. Setelah itu akan muncul tanda ceklis yang menandakan driver Adb sudah berhasil di install.



4. Buka folder "Root Lenovo A7000" yang tadi>pindahkan file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip ke sdcard Lenovo A7000. 

*Untuk yang error pada saat menginstall Adb Driver di OS Win 8.1 64-bit, bisa menggunakan cara ini : Link

### Proses Install Custom Recovery ###

1. Disini kalian punya 2 pilihan custom recovery yang akan digunakan. Yang pertama adalah CWM recovery, lalu yang kedua adalah TWRP. Saya lebih menyarankan TWRP untuk melakukan proses rooting kali ini. Oke balik ke topik bahasan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalin / memindahkan custom recovery ke dalam folder "ADB". Misalnya disini saya akan menggunakan TWRP, maka saya memindahkan file bernama TWRP_2.8.6.0_A7000_ROW ke dalam folder "ADB".

2. Rename / ubah nama file TWRP_2.8.6.0_A7000_ROW.img menjadi recovery.img, seperti di bawah ini.


3. Colokan A7000 ke PC / Laptop, dimana A7000 dalam keadaan menyala dan USB Debuggingnya terceklis / Aktif. Buka folder "ADB" > jalankan file Root.bat > Pilih OK jika muncul pop up debugging permission di A7000 kalian. Ketik 2 pada jendela Root.bat > Tekan Enter > nanti Root.bat akan keluar.

4. Buka kembali Root.bat > Ketika angka 1 lalu Enter > tunggu sampai proses penginstallan CWM maupun TWRP selesai. Jika sudah close Root.bat > cabut kabel USB yang menghubungkan A7000 dengan PC / Laptop > lalu cabut dan pasang lagi baterai pada A7000 kalian. Dalam keadaan mati tekan tombol volume down(-), volume up(+), serta tombol power secara bersamaan sampai A7000 masuk ke dalam CWM maupun TWRP.

### Proses Install SuperSU ###

* Pada TWRP di Lenovo A7000 pertama pilih Install > Pilih External Storage > lalu pilih file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip yang tadi sudah di pindahkan ke A7000 > swipe ke kanan pada bagian bawah TWRP > lalu pilih Reboot.

* Pada CWM di Lenovo A7000 pertama pilih Install Zip > Install Zip from Sdcard > Pilih UPDATE-SuperSU-v2.46.zip > pilih Yes > Reboot.

1. Jika kalian menggunakan TWRP, ikuti cara install SuperSU pada TWRP seperti cara yang pertama. Jika kalian menggunakan CWM, ikuti cara install SuperSU pada CWM seperti cara yang kedua.

2. Jika semua sudah di lakukan dengan benar, cek apakah ada aplikasi bernama SuperSU di Lenovo A7000 kalian. Jika sudah ada download aplikasi bernama "Root Checker" di Google Playstore > lalu cek apakah A7000 kalian sudah berhasil di Root dengan sempurna atau belum.

* Kredit untuk bahan root dan tutorial : Forum FB Lenovo A7000
* Sekali lagi DWYOR (Do With Your Own Risk), resiko ditanggung penumpang :D.
* Saya(Iqbal244) melakukan upload file ulang ke hosting yang dirasa lebih nyaman untuk mendownload, serta menyusun tutorial root Lenovo A7000 ini agar lebih mudah untuk dieksekusi.
Share

9 comments:

  1. untuk flashnya biar imei ttp valid ada tutorial juga ga gan?
    soalnya ane newbie banget, blm pernah mainan root2an sebelumnya
    tp masi blm berani coba karena takut tar imei ga valid.. hehe

    ReplyDelete
  2. Nyari ditempat lain gagal terus install twrp/cwm pake SP Flashtool sampe flash 2x gara ke wipe T~T
    Pake cara ini, bentar doang kelar T~T
    Thanks a lot

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. haduah, bukan lenovonya yg fayah. otak ente aja yg fayah bener. buat sy Lenovo memang The Best :D

      Delete
  4. Tengkyu gan, Suwun , Kamsia , Rekomended tutor . pantas dapet jemfol 20 gan
    my A7000a The Juos Gandhos , , ,

    ReplyDelete
  5. bor hh gua bootloop mulu, setiap pasang supersu.. solusinya gimana?

    ReplyDelete
  6. punya saya juga sama neh.. stuck di logo,ada solusinya selaen di factory reset?

    ReplyDelete
  7. eiya min?ane ko ga masuk ya ke twrp?dahal udah ikut tutor?😅

    ReplyDelete

 
Copyright © 2019 Iqbal244-Oprek