Google Stadia, akhir dari konsol gaming?

Monday, April 1, 2019


Iqbal244-Oprek. Google take our gaming experience to another level!!!. Baru-baru ini Google mengguncang pecinta game dengan merilis Google Stadia. Jadi gue infoin dulu nih, Stadia ini adalah layanan game berbasis cloud service yang dimiliki oleh Google. Dengan adanya layanan ini, Google memungkinkan kita untuk bermain game dengan resolusi hingga 4K 60 fps tanpa memerlukan console layaknya PS4 maupun XBOX 360. Stadia bisa kita mainkan dimana saja dan kapan saja asalkan ada layar, koneksi internet, serta browser Google Chrome. Layanannya ini juga terintegrasi dengan YouTube yang memungkinkan penonton untuk melihat live stream dari Stadia ini dengan tampilan yang sama (tidak delay) dengan yang dilihat oleh si streamer.




Terus cara kita mainnya gimana kalo gak ada konsol? Google membuat sebuah wireless controller dengan desain yang bikin banyak gamers langsung jatuh hati pada pandangan pertama. Seperti desain Google Pixel, desain kontroller Stadia ini sangat simpel tapi enak banget buat dipandang karena perpaduan warna yang dikasih oleh Google. Sebetulnya kalo liat presentasinya Google soal Stadia ini sih luarbiasa keren ya, futuristik banget dan Stadia ini kaya platform gaming dari masa depan hehe, tinggal gimana Google bener-bener mengembangkan dan memasarkannya dengan tepat.



Beberapa game yang rencananya akan segera dirilis pada Stadia adalah Assasin's Creed Odyssey dan Doom Eternal, dimana kedua game ini akan dilaunching dengan dukungan resolusi 4K 60 fps. Namun kontroversi akan selalu terjadi dimana-mana, banyak yang optimis Stadia ini akan jadi generasi baru dalam dunia game tapi banyak juga yang skeptis Stadia akan sesukses console gaming sebelumnya seperti PS4, Nintendo Switch maupun Xbox 360. Kenapa? karena beberapa reviewer game bingung gimana caranya developer game menghasilkan uang jika membuat game-game di Stadia dan Stadia juga harus dimainkan dengan koneksi internet yang sangat kencang.




Ya kita tinggal tunggu aja gimana respon pasar kalo nantinya Stadia sudah dijual secara bebas. Memang akan selalu ada pertentangan untuk hal-hal baru di dunia teknologi, tapi selama itu memudahkan penggunanya pasti akan cepat diterima sih kalo pendapat gue pribadi.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2019 Iqbal244-Oprek