Cara Root Lenovo Vibe Shot Z90-7

Thursday, January 14, 2016



Iqbal244-Oprek. Bagi kalian yang suka melakukan kegiatan hunting foto menggunakan kamera smartphone, tampaknya harus memiliki smartphone besutan Lenovo yang satu ini. Ya Lenovo Vibe Shot merupakan salah satu smartphone Android dengan kemampuan menangkap gambar terbaik saat ini. Lenovo Vibe Shot dibekali dengan kamera belakang sebesar 16 MP, dengan bukaan f/2.2, serta dukungan triple-LED (dual-tone) flash. Pastinya kelebihan di sektor kamera yang dimiliki Lenovo Vibe Shot akan menjadi daya tarik utama, untuk pengguna yang ingin menangkap gambar dengan kualitas terbaik.

Saya tidak akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe Shot lebih jauh, karena di posting kali ini saya akan membagikan cara melakukan Root Lenovo Vibe Shot Z90-7. FYI, firware yang akan di flash dibawah adalah rom versi 208. Jadi untuk kalian yang sudah menggunakan rom di atas 208 berarti harus melakukan downgrade ke rom 208 di bawah yang sudah include SuperSU di dalamnya. Langsung aja ikuti caranya di bawah ini.

Bahan Root
- Rom Include Root.zip
- MiFlash


"Do With Your Own Risk"
(DWYOR)

1. Download terlebih dahulu kedua bahan di atas. Extract file rom sehingga nanti muncul folder yang berisikan file rom / firmware 208 nya vibe shot. Setelah itu install program MiFlash pada PC / Laptop kalian. 




2. Jika masih terpasang Micro SD pada vibe shot, copot terlebih dahulu. Install Lenovo Vibe Shot usb driver. Kalian bisa mencarinya melalui Google, atau menginstallnya secara manual. Cara install driver Lenovo Vibe Shot secara manual adalah sbb. :

  • Colok Lenovo Vibe Shot pada PC / Laptop.
  • Buka windows explorer > pilih Lenovo Vibe Shot (Disk, bukan directory) > cari file Lenovo driver > install pada PC / Laptop.
3. Sebelum melakukan proses flashing, jika kalian menggunakan OS Windows 64-bit atau windows 8 keatas harus mematikan driver signature pada PC / Laptop kalian terlebih dahulu. Caranya ada disini : Link.

4. Matikan Lenovo Vibe Shot kalian > dalam keadaan mati tekan tombol Volume Up sambil menyambungkan usb dari Vibe Shot ke PC / Laptop hingga vibe shot bergetar satu kali > lepas tombol Volume Up.

5. Buka progra MiFlash yang tadi sudah di install di PC / Laptop kalian > pastikan di program MiFlash Vibe Shot kalian sudah terbaca > tekan tombol browse di program MiFlash > lalu arahkan ke folder hasil extract file rom yang sudah di download pada link di atas > tekan tombol flash > dan tunggu hingga prosesnya selesai.

6. Jika proses flash sudah selesai, tekan tombol power pada Vibe Shot kalian sekitar 10 detik hingga Vibe Shot bergetar. Setelah itu Vibe Shot akan melakukan proses restart, serta akan muncul tulisan initializing. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, hingga 10 menit. Jika lebih dari itu dan Vibe Shot masih stuck ditulisan initializing, tekan kembali tombol power Vibe Shot selama 10 detik agar restart kembali dan masuk ke dalam homescreen.

7. Jika sudah menyala dan bisa masuk ke homescreen, cari dan buka aplikasi bernama SuperSU > update binary nya terlebih dahulu > jika muncul pilihan, pilih normal. Sampai point ini seharusnya Vibe Shot kalian sudah berhasil mendapatkan akses Root sepenuhnya.

8. Jika masih ragu, download aplikasi bernama Root Checker dari Google Playstore di Vibe Shot kalian. Coba cek apakah Vibe Shot sudah memiliki akses Root atau belum.

NOTE:
* Kredit bahan root dan tutorial ditujukan untuk : Forum FB Lenovo Vibe Shot
* Sekali lagi DWYOR (Do With Your Own Risk), resiko ditanggung sendiri :D.
* Saya(Iqbal244) menyusun tutorial root Lenovo Vibe Shot Z90-7 ini agar lebih mudah untuk dieksekusi.
Share

4 comments:

  1. klw ada sekalian cwm nya om??

    ReplyDelete
  2. klw ada sekalian cwm nya om??

    ReplyDelete
  3. Gan HP ane awalnya bisa login dan masuk home screen, setelah di restart lagi Hp ane nge-hang terus walupun sudah berkali-kali direstart. Mohon pencerahannya gan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015 Iqbal244-Oprek