Cara Root Samsung Galaxy J5 & Install Custom Recovery (TWRP) Galaxy J5

Wednesday, November 25, 2015



Cara Root Samsung Galaxy J5. Cara Install TWRP pada Samsung Galaxy J5. How To Root Samsung Galaxy J5. How To Install TWRP on Samsung Galaxy J5. Cara Mudah Root Galaxy J5.

Iqbal244-Oprek. Sudah cukup lama kayanya saya tidak bikin tutorial yang berhubungan dengan smartphone dari Samsung. Oke kali ini saya ingin membagikan tutorial / cara melakukan proses Root pada smartphone Samsung Galaxy SM-J500G aka Galaxy J5. Untuk J500F tidak bisa dipastikan apakah tutorial root dan install twrp di bawah ini bisa diterapkan juga atau tidak.

Bahan Root :
- ODIN
- Samsung Usb Driver
- TWRP
- SuperSU



1. Download terlebih dahulu semua bahan yang ada di atas.

2. Install Samsung USB Driver pada Komputer/Laptop kalian, karena jika belum terinstall maka Galaxy J5 tidak akan terbaca pada program ODIN.

3. Pindahkan file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip ke Galaxy J5. Di taruh di luar, jangan ditaruh di dalam folder apapun.

4. Masuk setting > About Phone > Build numbernya di klik Terus-terusan sampai muncul option Pilihan Pengembang / Developer Options di dalam setting. Jika sudah muncul aktifkan Pilihan Pengembang / Developer Options, aktifkan juga pilihan Mendebug usb dan pilihan Oem Terbuka Kunci. Pastikan keduanya aktif / on / sudah berwarna hijau.

5. Selanjutnya proses flashing file TWRP ke dalam J5. Pertama matikan dulu J5 kalian, pada keadaan mati tekan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan pada J5. Lalu tekan tombol up untuk masuk download mode.

6. Buka program ODIN pada Komputer/Laptop, lalu colokan Galaxy J5 yang sedang dalam download mode melalui kabel usb yang terhubung dengan Komputer/Laptop. Pada program odin klik tombol AP dan cari file bernama TWRP-20150710-UNOFFICIAL-J5lte.tar yang sebelumnya sudah di download.

7. Oh ya pastikan kotak dibawah tulisan ID:COM pada program Odin sudah berubah warna, karena itu menandakan J5 kalian sudah terbaca atau belum. Jika belum, install lagi Samsung USB Drivernya. Jika semua dirasa sudah terlaksanakan, klik / tekan tombol start pada program Odin dan tunggu sampai prosesnya selesai.

8. Jika sudah selesai (tulisan Pass pada odin), copot usb dari J5 dan biarkan J5 masuk ke menu homescreen. Matikan lagi J5 kalian, pada keadaan mati tekan tombol Volume Up + Home + Power sampai masuk TWRP. Di dalam TWRP pilih / tekan tombol install > lalu pilih file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip yang ada di J5 kalian. Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah itu masih di TWRP pilih Reboot dan tunggu J5 kembali ke menu homescreen.

9. Untuk mengecek keabsahan proses root yang sudah dilakukan, download aplikasi Root Checker melalui Google Playstore di J5. Buka aplikasinya dan check apakah Galaxy J5 nya sudah ter-root dengan sempurna atau belum.


NOTE :
*Kredit untuk bahan root, TWRP dan tutorial ditujukan untuk : Forum FB Galaxy J5
*Sekali lagi DWYOR (Do With Your Own Risk), resiko ditanggung penumpang :D.
*Saya(Iqbal244) melakukan upload file ulang ke hosting yang dirasa lebih nyaman untuk mendownload, serta menyusun tutorial root Galaxy J5 agar lebih mudah untuk dieksekusi.
Share

4 comments:

  1. Kagak work gan
    Udah nyerah gw carik cara root j5 di blog blog lain kagak work semua

    ReplyDelete
  2. Opsi pengembang ada OEM kunci nya di Buka Dulu

    ReplyDelete
  3. Opsi pengembang ada OEM kunci nya di Buka Dulu

    ReplyDelete
  4. Gan kalo instal twrp tanpa pc samsung j5 gmn gan

    ReplyDelete

 
Copyright © 2019 Iqbal244-Oprek