Cara Mengatasi / Menghilangkan Lag Pada Android

Monday, November 9, 2015

Semakin hari akan semakin banyak kebutuhan bagi pengguna Android dalam menggunakan perangkat Androidnya, baik itu untuk hiburan seperti bermain game, mendengarkan musik sampai untuk mengurusi pekerjaan dan kegiatan bisnis melalui perangkat Android. Android mendukung Multitasking dimana banyak aplikasi yang bisa dijalankan pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu tidak jarang perangkat Android yang digunakan membutuhkan kapasitas penyimpanan internal maupun RAM yang besar untuk dapat menjalankan semua kegiatan yang ada.

Oleh karena itu, kali ini saya(iqbal244) ingin berbagi beberapa tips untuk meningkatkan kinerja / menghilangkan lag pada perangkat Android.


1. Tutup Aplikasi Yang Masih Berjalan Dibalik Layar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas perihal Multitasking, sering kali aplikasi yang sudah ditutup dalam artian pengguna sudah keluar dari aplikasi tersebut namun sebenarnya aplikasi yang sudah ditutup tadi masih berjalan pada background Android.

Untuk mengatasi masalah ini disarankan menggunakan 3rd party app  seperti Advance Task Killer. Aplikasi ini berguna untuk Kill App / menutup aplikasi yang masih berjalan di background Android. Pada aplikasi ini dapat dipilih aplikasi apa saja yang ingin ditutup serta aplikasi ini bisa melakukan kill aplikasi dengan interval tertentu, seperti setiap setengah jam, 1 jam, dll.

2. Bersihkan Cache Pada Android



Menurut Wikipedia cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Banyak yang menyepelekan hal ini padahal cache jika tidak rutin dibersihkan akan memakan memori yang cukup banyak sehingga kinerja Android akan  menjadi lebih lambat.

Untuk 3rd party app  yang saya sarankan bagi para pengguna yaitu Clean Master atau 1 tap cleaner. Aplikasi - aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store. Disarankan untuk menghapus cache dengan periode teratur, bisa setiap minggu bahkan setiap hari.

3. Mainkan Clock Prosesor (Root Only)




Tips ketiga ini hanya bisa diterapkan pada perangkat Android yang sudah di root. Dengan menaikan clock prosesor yang sedang berjalan, pengguna Android dapat menambah kinerja perangkat Androidnya. Namun perlu diingat hal ini akan berdampak kepada penggunaan baterai yang akan semakin besar.

Banyak 3rd party app yang bisa digunakan pada tips ketiga ini, diantaranya No Frilis Cpu atau Set Cpu. Caranya cukup mudah, pengguna bisa merubah profile/governor menjadi Performance melalui aplikasi tersebut, maupun menaikan nilai max dari prosesor Android yang digunakan. 


Tips ketiga ini dianjurkan hanya jika perangkat Android yang digunakan masih mengalami proses Lag ketika sudah melakukan 2 tips sebelumnya. Perlu diingat tips ketiga ini cukup berbahaya bagi pengguna awam, sehingga disarankan untuk tidak mencetang kotak set on boot/apply on boot.

Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 Iqbal244-Oprek