Cara Menginstall Game Android (Beserta Ilustrasi)

Monday, November 9, 2015

Oke sebenarnya postingan ini saya buat untuk memudahkan pengunjung blog Iqbal244-android maupun Iqbal244-oprek ketika kesulitan dalam menginstall game pada perangkat Android, khususnya untuk game yang menggunakan cache data untuk memainkanya. Namun tidak menutup kemungkinan postingan ini juga bisa dibaca oleh kalian yang mungkin menemukannya dari hasil googling atau dari hasil share teman di media sosial.

Oke pertama akan saya bahas jenis game yang ada pada Android. Secara umum terdapat 2 jenis game yang bisa di install pada Android, yaitu game yang hanya berbentuk Apk saja dan game yang berbentuk Apk + Data. Mayoritas game yang beredar sekarang baik dari Playstore maupun non Playstore Data nya diletakan pada folder Android > Data maupun Android > Obb. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas game Apk saja dan game dengan cache data di bawah ini.


1. Game Berbentuk Apk Saja

Saya rasa kalian tidak akan kesulitan dalam melakukan instalasi jenis game yang satu ini, karena kita hanya perlu melakukan instalasi apk pada perangkat Android tanpa perlu mendownload dan meletakan data game pada lokasi yang sudah ditentukan.

Biasanya permasalahan yang dihadapi dari game yang berbentuk apk saja hanya berkutat pada Parsing error atau force close pada saat game dibuka. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi, dan semua permasalahan dalam menginstall game pada Android sudah saya kupas tuntas pada artikel ini : Masalah-masalah / kendala dalam menginstall / memainkan game HD pada Adroid.

Oke saya anggap game "Apk saja" tidak perlu saya jabarkan panjang lebar dan saya aggap semua sedikit banyak sudah mengerti. Skip ke nomer 2.


2. Game Berbentuk Apk + Data

Nah game apk + data inilah yang biasanya paling sering pengguna android salah dalam melakukan penginstallanya. Sebenarnya tidak sulit dalam melakukan penginstallan game apk + data ini, yang perlu dilakukan adalah memindahkan datanya terlebih dahulu pada folder yang dituju lalu menginstall apk game pada perangkat Android. Untuk memudahkan kalian, saya buatkan Langkah-langkahnya di bawah ini.
  • Download Apk + Data game yang akan diinstall pada Android
  • Jika data game berbentuk .rar atau .zip extract terlebih dahulu sampai muncul folder game yang dimaksud. Biasanya nama folder game diawali dengan "com.", contohnya "com.glu.robocop" untuk game Robocop, dan sebagainya.
  • Jika sudah muncul folder gamenya, pindahkan folder game pada folder yang dituju. Biasanya lokasi folder data game akan diberitahu pada postingan tempat kalian mendownload game. Misal pada postingan ada keterangan Android > Obb, maka kalian harus memindahkan data game pada folder Obb di dalam folder Android. Ini ilustrasinya :



  • Bisa dilihat pada gambar di atas, pada drive android kalian masuk ke dalam folder Android, lalu masuk ke dalam folder Obb, lalu pindahkan data game ke dalam folder Obb tersebut. Hal ini berlaku juga dengan data game Android > Data, masuk ke dalam folder Android, lalu masuk ke dalam folder Data, lalu pindahkan data game ke dalam folder Data tersebut.
  • Setelah data game dipindahkan pada folder yang dituju, pindahkan juga Apk game pada Android. Letak apk sebaiknya di taruh diluar folder agar pada saat proses install kalian tidak kesulitan untuk mencari Apk game tersebut.
  • Proses terakhir adalah menginstall Apk game pada perangkat Android, lalu membuka dan memainkan game tersebut.


Q1 : Apa semua data game Android letaknya pada Android > Data dan Android > Obb ?

A1 : Tidak semua, hanya saja mayoritas Game-game sekarang ini letak datanya memang diantara kedua folder tsb. Pada awal kemunculan Android, data game biasanya diletakan pada lokasi terluar dari memori Android. Misal game dari EA seperti Dead Space. Letak datanya di dalam folder EA. Lalu game besutan Gameloft seperti Shrek Kart & Splinter Cell yang letak datanya ada pada folder Gameloft.

Q2 : Letak data sudah tepat, tapi mengapa setelah install masih meminta download data ?

A2 : Sepengalaman saya ada beberapa kemungkinan dari permasalahan yang satu ini :
Pertama versi apk dengan versi datanya berbeda, sehingga apk tidak menemukan data yang tepat untuk dibaca olehnya.

Nama folder dari data game salah, misal "com.glu.robocop" menjadi "com.glu.robocop1". Untuk masalah ini dapat dicek nama folder dari game yang bersangkutan pada Google Playstore.

Salah menaruh folder data game, misal Android membaca data game pada memori internal namun data game diletakan pada memori external. Tidak semua perangkat Android meletakan data game pada memori external, jika perangkat Android kalian membaca data game pada memori internal maka data game tersebut harus diletakan pada memori internal.


Nah semoga artikel ini dapat membantu anda memahami cara menginstall game dengan benar dan tepat pada perangkat Android. Tidak menutup kemungkinan isi artikel ini akan terus di update jika terdapat permasalahan baru atau info terbaru dalam menginstall game pada Android.
Share

1 comment:

  1. Buat Temen2 Yang Punya ANDROID ane mau share info bagi tmen2 yg ingin dpt penghasilan sampingan lumayan lho buat beli kuota

    - Silahkan Dicoba
    Buat Pengguna Android, Kalian Bisa
    Menghasilkan Uang 100-200ribu Gratis
    Tiap Hari Dari PLAYSTORE lho..

    JADI GAK USAH TAKUT RUGI!! Sudah bnyak kok yg udh cairin bahkan ada yang sampe ratusan dollar bisa di cek di top ranking, Jadi jangan ragu2

    PERTAMA : INGAT
    KODE BONUSNYA CX77756

    NB: Wajib Di'Ingat Kodenya, Buat Ambil Bonus Login.
    Caranya :

    1. Buka Playstore

    2. Di Pencarian Ketik: WHAFF REWARDS

    3. Install & Buka Aplikasinya

    4. Klik LOG IN, Ada Di Bagian Atas
    Gunakan FBmu, Lalu Klik OK Saja
    Trus

    5. Tunggu Beberapa Detik Sampai
    Muncul ENTER INVITE CODE

    Lalu Masukan Kode Yang Tadi Yaitu: CX77765
    NB: Jangan Sampai Salah Memasukan
    Kodenya: CX77765
    Agar Mendapatkan Saldo Bonus $0,30

    Download & Buka App Di Bagian
    Whaff Pick, Maka Saldo Akan Terisi
    Setiap Download Dapat Uang

    Promosikan Juga Kode Invet Kalian
    Biar Makin Banyak Dapet Uang
    Uangnya Juga Bisa Di Cairkan Ke
    Rekening (paypal dll)

    Jika Saldo Sudah Cukup Klik Exchange,
    Pilih Mau Uangnya Di Cairkan Ke pulsa,steam wallet,Rekening Bank Atau Ditukar dengan steam wallet,/Gems COC /Diamond DLL.

    JANGAN LUPA KASIH TAU TEMEN KAMU!! SHARE JUGA! SEMOGA BERMANFAAT.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2019 Iqbal244-Oprek