Cara Masuk Ke Dalam Mode Aman / Safe Mode Pada Android

Monday, November 9, 2015

Pernahkah ponsel android kalian harus menghadapi hal tidak terduga? Misalnya hang atau lemot setelah instal beberapa aplikasi asing. hmm, memang saat ini sangat banyak aplikasi yang menyita banyak memory dan membuat ponsel kesayangan kita terasa amat sangat lambat, hal ini terjadi karena sistem android kita memiliki beban kerja yang berlebih. untuk masalah ini mungkin kalian akan langsung menuju ke pokok permasalahan, yaitu langsung menghapus aplikasi yang notabene membuat sistem kerja android kalian berlebih bukan ? yup, kalian 100% telah mengambil langkah yang tepat. tapi, gimana jika untuk masuk ke menu setting saja lamanya minta ampun, ditambah lagi tidak ada respon saat terjadi sentuhan di layar ponsel kita.

Untuk itu, salah satu caranya adalah dengan merestart android untuk masuk ke mode aman (safe mode). Mode aman ini akan membuat sebagian besar aplikasi pihak ketika akan dinonaktifkan, sehingga sistem android dapat diakses tanpa kesulitan. jadi, saat kalian telah memilih masuk ke safe mode, kalian akan disuguhkan tampilan sistem android seperti pertama kali kalian membeli ponsel tersebut, semua aplikasi yang berjalan masih murni aplikasi bawaan dari brand asalnya sehingga semua fungsi dari sistem akan berjalan normal dan kalian akan dengan leluasa menghapus aplikasi yang menjadi penyebab hangnya ponsel kalian.

Lalu gimana sih caranya masuk safe mode ? kalo di PC kan bisa dilakukan dengan cara menekan tombol f8 setelah restart, tapi di android kan tidak ada tombol f8 ? Tenang itu bukan jadi permasalahan karena cara masuk safe di android jauh berbeda dengan cara masuk safe mode pada PC. Berikut langkah-langkahnya.


  • Langkah pertama tekan tombol power pada ponsel android kalian sampai muncul popup seperti gambar dibawah ini.



  • Setelah itu tekan dan tahan beberapa saat pada pilihan daya mati sampai muncul kembali popup baru seperti yang terlihat di bawah ini.



  • Kemudian setelah kalian yakin dan meneguhkan hati untuk mencoba fitur safe mode, silahkan pilih ok untuk mulai reboot ponsel kalian. tunggu beberapa saat hingga tampilan awal muncul.



Nah berikut ini adalah tampilan safe mode setelah sebelumnya terjadi reboot, tidak terjadi perubahan yang signifikan namun bisa kalian lihat terdapat tulisan "Mode aman" pada pojok kiri ponsel. Dan satu hal lagi pada ponsel ini sebelumnya saya menginstal beberapa game seperti Clash of Clans, namun pada layar safe mode terlihat tak tampak bukan. itu artinya kalian memang sudah benar-benar masuk mode aman dan kalian sekarang sudah bisa masuk dan uninstal aplikasi yang membuat masalah pada sistem android kalian.


Untuk masuk mode normal kalian hanya perlu restart ponsel kalian sekali lagi. Perlu di perhatikan bahwa saya melakukan langkah safe mode diatas menggunakan ponsel Sony Xperia. Mungkin terjadi sedikit perbedaan langkah pada ponsel dengan brand yang berbeda.

Credit to Putra Wicaksono
Share

4 comments:

  1. sangat membantu,tererima kasih min.

    ReplyDelete
  2. jika tidak muncul pilihan REBOOT KE MODE AMAN gimana?

    ReplyDelete
  3. Thanks you buat ilmunya Gan......

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu..Btw Cara ini bisa di gunakan di HP lenovo
    Thanks ya😊

    ReplyDelete

 
Copyright © 2019 Iqbal244-Oprek