Spesifikasi, Benchmark, serta Review Lengkap Infinix Note 2 (Iqbal244)

Monday, December 14, 2015

Review Infinix Note 2Review Indonesia Infinix Note 2. Spesifikasi Infinix Note 2. Hasil Benchmark Infinix Note 2. Gaming Test Infinix Note 2. Fitur-fitur Infinix Note 2. Hasil Kamera Infinix Note 2. Harga Infinix Note 2. Perbedaan Infinix Note 2 Grey & Gold. Hands on Infinix Note 2.

Iqbal244-Oprek. Memperingati hari belanja online nasional (Harbolnas) di bulan Desember ini, kita banyak menemui Diskon-diskon yang diberikan oleh website jual-beli terhadap Item-item yang dijual di dalamnya. Nah karena kebetulan ada diskon, saya langsung membeli phablet terbaru dari Infinix yaitu Infinix Note 2 di salah satu website yang menjual Note 2 secara exclusive. Dikarenakan terdapat 2 warna yang tersedia dari Infinix Note 2, saya mencoba untuk membeli 1 unit warna Grey / Abu-abu serta 1 unit lagi warna Gold / emas. Untuk itu, saya akan coba memberikan review, benchmark, maupun pengalaman saya bermain game pada Infinix Note 2 ini.

Sama halnya seperti review Lenovo Tab 2 A7-10, pada review kali ini saya juga akan membaginya ke dalam beberapa point review dan Insya Allah review yang sekarang lebih mendalam dan lebih banyak foto dari perangkat yang di review :D. Oh ya karena saya masih menemui banyak spesifikasi yang simpang siur dari beberapa website, nanti akan saya berikan SS dari spesifikasi Infinix Note 2 langsung hasil test dari Antutu. Yuk simak reviewnya di bawah ini.


1. Kelengkapan

Tak seperti Infinix Hot 2 yang ditujukan untun pasar low-end, Infinix Note 2 ditujukan untuk pasar mid-end. FYI, ada 3 segmen pasar yang saat ini diarahkan oleh Infinix yaitu seri Hot untuk low-end, Note untuk mid-end, serta seri Zero untuk pasar Hi-end. Dikarenakan hal tsb, dus dari Infinix Note 2 dibuat lebih tebal, kuat, dan terlihat lebih premium dibandingkan dengan dus pendahulunya yaitu Infinix Hot 2. Saat pertama kali saya buka sedikit kecewa juga, pasalnya backcase / case bagian belakang dari Note 2 tidak dilapisi dengan plastik / anti gores seperti yang dulu saya dapati di Infinix Hot 2. Berikut list dari kelengkapan bawaan Infinix Note 2 yang saya dapatkan.

[] Kabel usb, Kepala charger 2 output, 2A/output.
[] Sticker.
[] Kartu garansi, serta
[] Manual book.


Untuk chargernya sendiri kabarnya memiliki output mencapai 4A. Jika dilihat dari informasi pada kepala charger, tampaknya hal ini memang benar adanya. Jika saya bandingkan dengan Charger-charger lainya, charger Infinix Note 2 memiliki 2 buah output yang Masing-masing outputnya berjumlah 2A. Dengan kata lain total output yang mampu dikeluarkan oleh charger Note 2 mencapai 4A. Untuk masalah fastcharging nanti akan saya bahas pada point Fitur.

2. First Impression

PREMIUM. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan si INOTE 2 pada saat pertama kali saya pegang dan gunakan. Meskipun masih dibalut dengan backcase plastik, namun INOTE 2 terlihat seperti menggunakan material berbahan metal. jika dilihat sekilas  oleh Teman-teman kita / orang lain, mungkin mereka tidak akan tau dan menyangka ini adalah phablet Hi-end dengan harga di atas 4 jutaan 8). Selain itu layar 5.9 inch ditambah bezel, tidak membuat INOTE 2 sulit untuk digenggam menggunakan 1 tangan. Dengan layarnya yang terbilang besar, saya masih bisa mengoperasikan INOTE 2 dengan 1 tangan saja untuk sekedar mengecek notifikasi, membuka aplikasi, sampai membalas pesan.

Nah sebetulnya saya agak kecewa juga nih, pasalnya di beberapa website menyebutkan bahwa INOTE 2 sudah dibekali denganr resolusi layar FHD (1080x1920). Namun ketika saya cek melalui Atuntu, Cpu-z, maupun Cpu Identifier, didapati resolusi layar yang disematkan ke dalam INOTE 2 masih HD(720x1280). Namun sekali lagi Infinix mampu mengatasinya dengan sangat baik. Saya tidak jadi kecewa meskipun masih dibalut resolusi HD, namun tampilan yang dihasilkan tidak mencerminkan layaknya perangkat dengan 320 DPI. Warna dan kerapatan pixel sangat baik, sehingga mata saya pun nyaman untuk berlama-lama memandang phablet dengan layar besar ini, hehe.

Setelah cek sana-sini, cek imei, dsb. muncul notifikasi untuk melakukan Update OTA INOTE 2 sebesar 70an mb. Proses download hanya 2 menit, namun proses update nya yang memakan waktu cukup lama. Mulai dari proses install sampai INOTE 2 masuk menu homescreen memakan waktu sekitar 12-15 menit. Hal ini juga saya rasakan di INOTE 2 gold, namun tidak masalah selagi dapat update OTA dan tidak Ribet-ribet untuk install update manual. 


Jika HTC memiliki User Interface bernama HTC Sense UI, Infinix juga tidak mau kalah. INOTE 2 membawa User Interface sendiri bernama XUI. Supaya gak penasaran, langsung aja liat SS dari INOTE 2 saya sebelum di Ubah-ubah tampilanya / tampilan bawaan. Ada beberapa aplikasi bawaan yang bisa di uninstall seperti Opera, Twitter, dan beberapa aplikasi lainya yang tidak bersangkutan dengan system.




Lalu saya melakukan cek Storage dari INOTE 2. Seperti diketahui, phablet ini dibekali dengan kapasitas memori internal sebesar 16GB dengan dukungan slot micro sd di dalamnya. Available memory yang saya dapatkan dari INOTE 2 sebesar 10 GB an, yang berarti System, aplikasi, dll. bawaanya ini phablet memakan memori sebanyak 6 GB. Setelah itu saya cek ternyata memang INOTE 2 sudah support jaringan 4G LTE, namun belum saya coba karena tidak punya kartu 4G nya. Seingat saya jaringan 4G hanya bisa digunakan pada SIM 1, SIM 2 sepertinya mentok di 2G.


3. Fitur Bawaan INOTE 2

Dengan harga yang tidak sampai 2 jutaan, INOTE 2 sudah disematkan spesifikasi yang sangat mumpuni. Selain spesifikasi, ternyata ada beberapa fitur / keunggulan lain yang juga disematkan ke dalam phablet ini. Apa saja Fitur-fiturnya?cekidot.

3.1 HotKnot

Fitur ini memungkinkan pengguna Infinix Note 2 untuk berbagi file dengan cara yang cukup mudah. Kita hanya perlu menempelkan layar INOTE 2 ke layar INOTE 2 / perangkat lainya yang juga sudah support dengan fitur ini. Mungkin fungsinya sama seperti NFC pada beberapa perangkat Hi-End saat ini.

3.2 Miravision

Miravision ini adalah fitur / teknologi yang digunakan oleh Mediatek pada smartphone maupun phablet tertentu, yang menggunakan prosesor MTK di dalamnya. Beberapa keunggulan dari fitur ini adalah layar masih dapat dilihat dengan baik, meskipun perangkat yang digunakan terkena langsung oleh pancaran sinar matahari. Saya merasakanya sendiri, memang layar INOTE 2 masih dapat terlihat dengan cukup baik di bawah pancaran sinar matahari. Lalu teknologi ini diklaim mampu menghasilkan tampilan 120FPS, dan membuat video maupun gambar yang dihasilkan lebih jelas dan jernih.



3.3 Double Tap Screen Wake-Up

Double Tap Screen Wake-Up adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuka lockscreen smartphone/perangkat Android dengan cara mengetuk layar 2x. Fitur ini biasanya ditemui pada perangkat LG mulai dari LG G2, G2 Pro, G3, sampai G4, dan ternyata fitur ini juga dimiliki oleh INOTE 2 yang saya miliki. Tidak hanya membuka lockscreen, dengan fitur ini pengguna juga bisa mengunci perangkat dengan mengetuk layar 2x pada menu homescreen. Dengan fitur ini, kita dapat menghemat penggunaan tombol power baik untuk mengunci maupun membuka lockscreen.

3.4 Magazine Lockscreen

Fitur selanjutnya yang saya temui di dalam Infinix Note 2 adalah Magazine Lockscreen. Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat background gambar yang berbeda tiap ingin membuka lockscreen pada INOTE 2 nya. Selain itu terdapat pula Kata-kata bijak yang sedikit banyak dapat mengangkat mood si pengguna, apalagi yang sedang galau XD. Seperti inilah tampilan dari fitur Magazine Lockscreen.


3.5 Fast Charging

Selama malang melintang di dunia perAndroid-an dan mencoba berbagai macam perangkat Android, sepertinya INOTE 2 adalah perangkat Android yang paling cepat proses chargingnya. Dalam waktu 40 detik persentase baterai INOTE 2 dapat bertambah 1%. Pada test yang saya lakukan, bisa dilihat seberapa cepatnya pengisian baterai yang terjadi. Padahal pada saat melakukan proses charging, INOTE 2 dalam keadaan hidup + wifi menayala + sedang melakukan update banyak aplikasi bawaanya. Sehingga kemungkinan phablet ini hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk full charging 100% dari persentase baterai 20% an ke bawah.


Itulah beberapa fitur yang bisa ditemui di Infinix Note 2. Pastinya ada beberapa atau mungkin banyak fitur lainya yang belum saya temui dan tidak saya bahas disini. Setidaknya 5 fitur di atas sudah cukup untuk membuat kalian tertarik meminang si INOTE 2 ini.

4. Camera / Kamera

Infinix Note 2 memiliki Kamera belakang beresolusi sebesar 13 MP, serta kamera depan 2 MP. Saya coba melakukan beberapa pengambilan gambar menggunakan kamera belakang maupun depan INOTE 2. Menggunakan kamera belakang, saya mengambil gambar Indoor, Semi outdoor, serta outdoor. Seberapa hebat kamera 13 MP yang diusung Infinix ke dalam Note 2?ayo kita lihat hasilnya di bawah ini.

Indoor-Noflash-HDR


Semi Outdoor-Noflash-HDR

Outdoor-Noflash-HDR

Kamera Depan INOTE 2

Secara garis besar, kualitas gambar yang dihasilkan oleh Infinix Note 2 terbilang cukup baik. Kamera belakang dapat menangkap gambar dengan cukup jelas dan detail menggunakan mode HDR yang ada di dalamnya. Namun sayang untuk kualitas kamera depan menurut saya kurang bagus, mungkin karena resolusi yang diusung oleh kamera depan INOTE 2 hanya sebesar 2 MP. Untuk sebatas video call, maupun selfie di tempat dengan pencahayaan cukup sepertinya kamera depan INOTE 2 dibilang sudah cukup.

5. Spesifikasi, Benchmark, & Gaming Test

Setelah dibuat penasaran dengan spesifikasi sesungguhnya dari Infinix Note 2 ini, akhirnya saya dapat mengetahuinya secara jelas. Sebelum memiliki INOTE 2, saya sempat melakukan googling mengenai spesifikasi INOTE 2. Namun saya mendapati banyak perbedaan informasi antara website yang satu dengan website lainya, ditambah lagi belum munculnya spesifikasi phablet ini di Gsmarena. Di bawah ini saya sudah melakukan SS terhadap spesifikasi sebenarnya yang dimiliki oleh INOTE 2, menggunakan aplikasi Antutu Benchmark.





Bisa dilihat pada SS yang saya bagikan di atas, Infinix Note 2 masih menggunakan resolusi layar HD (720x1280) dan bukan FHD (1080x1920). Mali-T720 dipasangkan dengan prosesor octacote 64-bit Mediatek MT6753. Dengan spesifikasi yang menurut saya cukup mumpuni, skor Antutu yang dihasilkan oleh INOTE 2 sebesar 37.678. 

Untuk kegiatan nge-game, tampaknya tidak perlu ragu dengan Infinix Note 2. Meskipun untuk game HD saya baru melakukan test pada game Mortal Kombat X, namun saya yakin game yang lebih berat dari Mortal Combat X pun bisa dijalankan dan dimainkan dengan baik. Game Mortal Kombat X dapat dijalankan dengan sangat baik pada INOTE 2 yang saya gunakan. Kontras dan warna yang dihasilkan ketika bermain game sangat baik kualitasnya, ditambah layar INOTE 2 mampu merespon Jari-jari tangan saya dengan sangat responsif. Jadi untuk kalian yang suka bermain game, tidak perlu ragu untuk memiliki phablet yang satu ini.

6. Gallery

Jika 5 point review di atas hampir semuanya berisi dengan Kata-kata, pada point ke 6 ini saya ingin memperlihatkan penampakan fisik dari Infinix Note 2. Serta kalian bisa membandingkan perbedaan antara Infinix Note 2 Grey dan Gold, sehingga jika ingin meminang INOTE 2 nantinya bisa menimbang terlebih dahulu mana warna yang paling tepat untuk dimiliki.







7. Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri pasar smartphone tanah air sedang dibanjiri dengan hadirnya Smartphone-smartphone murah, yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Selain Infinix Note 2, ada lagi ZTE Blade A711, Xiaomi Redmi Note 2, serta beberapa smartphone murah lainya. Namun dari sekian banyaknya pilihan, Infinix Note 2 bisa jadi lebih diidamkan oleh pecinta Android di dalam negeri. Pasalnya Infinix Note 2 sudah dibekali layar berukuran jumbo, dengan Fitur-fitur tambahan yang dapat mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktifitas.

Untuk urusan selfie, memang saya tidak memungkiri bahwa kamera INOTE 2 kurang maksimal dalam mengambil gambar. Namun gambar yang dihasilkan oleh kamera belakangnya tidak bisa di anggap remeh. Modul Stack yang diusung, serta teknologi Samsung ISOcell dikalim mampu menghasilkan resolusi tangkapan gambar yang lebih baik. Lalu dari segi hiburan pun phablet ini sangat menunjang. Contohnya dalam kegiatan mendengarkan musik, suara yang keluar dari speaker INOTE 2 pun sangat nyaring namun tidak pecah. Apalagi jika musik yang dimainkan, didengarkan melalui earphone, headset, maupun headphone, pastinya kualitas suaranya lebih terjaga dan enak untuk didengarkan.

Secara keseluruhan, phablet ini sangat cocok untuk kalian yang gemar bermain game, browsing, menonton film, streaming youtube, aktif sosial media, dan pastinya tidak ingin Sering-sering mengisi daya. Mengapa cocok?karena Infinix Note 2 sudah dibekali dengan prosesor Octa-core 64-bit MT6753 & Ram berkapasitas 2 GB(Gaming). Layar berukuran besar 5.9 inch 75% screen to body ratio (Film, Youtube, browsing, gaming). Selain itu kapasitas baterai 4040 mah dengan teknologi fast / flash charging semakin melengkapi Kelebihan-kelebihan yang dihadirkan Infinix ke dalam Infinix Note 2.

*Tips : Sebaiknya jangan gunakan Infinix Note 2 pada saat pengisian daya / charging. Pasalnya INOTE 2 dan chargernya akan terasa panas, karena output yang dihasilkan tergolong besar.
*Catatan : INOTE 2 adalah singkatan yang saya gunakan untuk menyebut Infinix Note 2. Supaya lebih singkat dan lebih enak saja menyebutnya.

+ Layar besar 5.9", 75% screen to body ratio.
+ Proses Octa-core 1.3Ghz MT6753 64-bit, Gpu Mali-T720. Ram 2gb.
+ Harga di bawah 2 juta Rupiah.
+ Support jaringan 4G LTE. Design premium.
+ Kapasitas baterai 4040 mah. Fast charging dengan output charger 4A.
+ Banyak fitur tambahan (HotKnot, Miravision, dll).
+ OS Android 5.1 Lollipop.

- Masih mengusung resolusi layar HD (720x1280).
- Kamera depan hanya 2 MP.
- Pada proses pengisian daya, charger & perangkat terasa sangat panas.
- Unibody (baterai tidak dapat dilepas).

"Untuk melihat Review-review mendalam saya yang akan datang, bisa di Like fanpage Iqbal244-oprek pada bagian samping kanan blog. :) "
Share

8 comments:

  1. Sejauh ini,,,, ini yang terbaik untuk Review secara tertulis!!!!! The best buat blogger

    ReplyDelete
  2. Keren reviewnya ��
    Review zte blade a711 juga keren pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah mas putro, kalo ada devicenya pasti saya review :)

      Delete
    2. itu kok bsa 37ribu pnya ane cma 33ribu padahal udh diupdate trs.

      Delete
    3. benchmarknya pas belum install banyak 3rd app party masgan, pas masih aplikasi bawaan semua. Kill dulu semua aplikasi yang masih jalan di balik layar, baru deh di benchmark :)

      Delete
  3. membuka sandi keamanan layar gmana gan........udah di factory reset jgm masih terlock

    ReplyDelete
  4. .Hello inote2 sdh marshmallow kalee...
    .Trus 4G bisa dipakai sim 1 n 2...
    .Bisa membuka kunci layar menggunakan double tap,deteksi wajah,dan suara dan gesture untuk membuka lock screen.
    .dan menurut saya situs disini yang paling tepat informasinya tentang infinix note 2,karena saya sendiri yang sudah menggunakan hp ini
    .good job!

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015 Iqbal244-Oprek